Penulis / NIM
SARTIN MIYODU / 151416177
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Sartin Miyodu. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN 2 Telaga Biru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Sumarni Mohamadm S.Pd.,M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini ƒ..."Apakah model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru?ƒ‚. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pemahaman, persoalan dan memecahkan pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Telaga Biru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif. Teknik analisis data T test. Variabel bebas ƒ..."model pembelajaran jigsawƒ‚, variabel terikat ƒ..."kemampuan berbicaraƒ‚. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 26 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung = 12,127 > ttabel = 2,043 atau dapat juga dilihat pada nilai sig = 0,000 < taraf signifikan ƒ‚ =0,05 artinya terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru. Kesimpulan, terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru.
Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Kemampuan Berbicara
Sartin Miyodu. 2020. The Influence of the Jigsaw Learning Model on the Speaking Ability of Class V SDN 2 Telaga Biru Students. Essay. Primary School Teacher Education Study Program. Faculty of Science Education. Gorontalo State University. Advisors: (1) Sumarni Mohamadm S.Pd., M.Pd., Advisors (2) Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
The problem in this study "Does the jigsaw learning model affect the speaking ability of 5th grade students of SDN 2 Telaga Biru?". The purpose of this study was to gain understanding, problems and solve the effect of the jigsaw learning model on speaking ability in grade 5 students of SDN 2 Telaga Biru. The population in this study were students of class V SDN 2 Telaga Biru. The method used in this research is quantitative. T test data analysis technique. The independent variable "jigsaw learning model", the dependent variable "speaking ability". The sample used in this study was 26 students.
The results showed that the value of tcount = 12,127> ttable = 2,043 or it can also be seen at the value of sig = 0,000
Download berkas