Penulis / NIM
REGITA DUNGGIO / 151416178
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Regita Dunggio. 2020. Pengaruh Model Inkuiri terhadap Kemampuan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Sumarni Mohamad, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Masalah penelitian ini â€Apakah model inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontaloâ€. Tujuan penelitian, untuk mengetahui pengaruh model inkuiri dalam kemampuan menulis permulaan menggunakan kartu kata pada siswa kelas II SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data T test. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-test for equality of means menunjukan nilai thitung = 16,075 > ttabel = 2,043 atau dapat juga dilihat pada nilai sig = 0,000 < taraf signifikan =0,05. Kesimpulan dari penelitian adalah (a) terdapat pengaruh model inkuiri terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas 2 SDN 2 Telaga Biru. (b) Dari 22 orang siswa sebagian besar memiliki kemampuan menulis permulaan dengan kategori kurang yakni berjumlah 11 orang (50%) sedangkan yang mampu menulis permulaan dengan kategori baik berjumlah 1 orang (4,5%). (c) Dari 22 orang siswa sebagian besar memiliki kemampuan menulis permulaan dengan kategori baik yakni berjumlah 18 orang (81,8%) sedangkan yang mampu menulis permulaan dengan kategori cukup berjumlah 4 orang (18,2%).
Kata kunci: Inkuiri, Menulis Permulaan
Regita Dunggio. 2020. The Influence of Inquiry Model on Early Writing Ability in Class II SDN 2 Telaga Biru Students in Gorontalo District. Faculty of Science Education. Gorontalo State University. Advisors: (1) Sumarni Mohamad, S.Pd., M.Pd. Advisors (2) Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
The problem of this research is "Does the inquiry model affect the initial writing ability of the second grade students of SDN 2 Telaga Biru, Gorontalo District". The aim of the study was to determine the effect of the inquiry model on the pre-writing ability using word cards in grade II SDN 2 Telaga Biru students in Gorontalo Regency. This type of quantitative research uses the T test data analysis technique. Data collection techniques using observation sheets.
The results showed that the value of the t-test for equality of means shows the value of t = 16.075> t table = 2.043 or it can also be seen at the value of sig = 0.000
Download berkas