Penulis / NIM
ELAWATY ADIPU / 151416180
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Elawaty Adipu. 2020. Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Metode Permainan Tradisional pada siswa kelas II di SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd, dan Pembimbing II Dra.Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."Apakah melalui permainan tradisional kemampuan bercerita siswa kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo meningkat?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes bercerita, dan dokumentasi.
Pada observasi awal dari 22 siswa, terdapat 4 orang siswa (18%) yang mampu bercerita dengan baik, sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 18 orang siswa (82%). Pada tindakan siklus I tahap I mengalami peningkatan menjadi 5 orang siswa (23%) yang mampu dan yang belum mampu 17 orang siswa (77%). Siklus I tahap II terdapat 12 orang siswa (54%) yang mampu dan yang belum mampu 10 orang siswa (46%). Pada tindakan siklus II, siswa yang mampu berjumlah 19 orang (86%) sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 3 orang siswa (14%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode permainan tradisional telah meningkatkan kemampuan bercerita siswa di Kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Bercerita, Metode Permainan Tradisional
ABSTRACT
Elawaty Adipu. 2020. Improving Storytelling Ability through Traditional Game Methods in grade II students at SDN 1 Tilango, Gorontalo District. Essay. Primary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University, Advisor I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd, and Supervisor II Dra.Dajani Suleman, M.Hum.
The formulation of the problem in this study is "Does through traditional games the storytelling ability of grade II students of SDN 1 Tilango Gorontalo district increase?". The research method used is classroom action research using observational data collection techniques, storytelling tests, and documentation.
In the initial observation of 22 students, there were 4 students (18%) who were able to tell stories well, while 18 students (82%) were unable to tell. In the action cycle I stage I has increased to 5 students (23%) who are capable and 17 students (77%) who are not yet capable. Cycle I stage II, there were 12 students (54%) who were able and 10 students (46%) who were not able to. In the second cycle of action, there were 19 capable students (86%) while 3 students (14%) who were not capable. Thus it can be concluded that the traditional game method has improved the storytelling skills of students in Class II SDN 1 Tilango Gorontalo District.
Keywords: Storytelling, Traditional Game Methods
Download berkas