SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVITA PUTRI MAHAJANI / 151416184
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
Novita Putri Mahajani 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Dengan Menggunakan Media Kotak Elkonin Di Kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rustam Husain, S.Ag., M.Pd Dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media kotak elkonin dapat meningkatkan kemampuan menulis kata pada siswa kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kata dengan menggunakan media kotak elkonin di kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil observasi awal menunjukan bahwa dari 22 siswa terdapat 4 orang siswa (18%) yang mampu menulis kata. Sedangkan yang belum mampu menulis kata masih 18 orang siswa (82%). Setelah dilakukan siklus I pertemuan pertama meningkat menjadi 5 orang siswa (23%) yang mampu menulis kata. Siklus I pertemuan dua meningkat menjadi 10 orang siswa (45%) yang mampu menulis kata. Dan pada siklus II pertemuan pertama kembali meningkat menjadi 18 orang siswa (82%) yang mampu menulis kata. Kemudian pada siklus II pertemuan dua meningkat menjadi 20 orang siswa (91%) yang mampu menulis kata sedangkan sisanya 2 orang siswa (9%) yang belum mampu menulis kata. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui media kotak elkonin kemampuan menulis kata pada siswa kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Media Kotak Elkonin, Menulis Kata Novita Putri Mahajani 2020. Improving the Ability to Write Words Using Elkonin Box Media in Class II SDN 1 Tilango Gorontalo Regency, Thesis. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dr. Rustam Husain, S.Ag., M.Pd and Second Advisor Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd. The problem in this research is whether through the media box elkonin can improve the ability to write words in class II SDN 1 Tilango Gorontalo District. This study aims to improve the ability to write words using elkonin box media in class II SDN 1 Tilango Gorontalo District. This type of research is classroom action research. The results of preliminary observations showed that out of 22 students there were 4 students (18%) who were able to write words. Meanwhile, 18 students were still unable to write words (82%). After the first cycle, the first meeting increased to 5 students (23%) who were able to write words. The first cycle of meeting two increased to 10 students (45%) who were able to write words. And in the second cycle the first meeting again increased to 18 students (82%) who were able to write words. Then in the second cycle the second meeting increased to 20 students (91%) who were able to write words while the remaining 2 students (9%) were unable to write words. Based on the results of this study, it can be concluded that through the elkonin box media the ability to write words in the second grade students of SDN 1 Tilango Gorontalo district has increased. Keywords: Elkonin Box Media, Writing Words
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011