Penulis / NIM
SITI AMANAH YULIANA HARPA / 151416185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Siti Amanah Y. Harpa 2020. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak Cerita Melalui Media Audio Visual di kelas V SDN 39 Hulontalangi Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra, Evi Hasim, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media audio visual kemampuan menyimak siswa Kelas V SDN 39 Hulontalangi Kota Gorontalo dapat meningkat ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa Kelas V SDN 39 Hulontalangi Kota Gorontalo melalui media audio visual.
Berdasarkan hasil penelitian hal ini terlihat pada siklus Ihasil Kemampuan siswa menyimak yaitu sebesar 54 % atau 12 orang siswa dari 26 siswa secara keseluruhan. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran kembali pada siklus II, jumlah hasil kemampuan siswa menyimak cerita dengan menggunakan media audio visual meningkat menjadi 85 %. Dengan pengertian bahwa siklus I ke siklus II mencapai peningkatan sebesar 31 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan Kemampuan Siswa Menyimak Cerita Melalui Media Audio Visual di kelas V SDN 39 Hulontalangi Kota Gorontalo
Kata Kunci:Kemampuan, Menyimak, Audio Visual
ABSTRACT
Siti Amanah Y. Harpa 2020. Improving Students' Ability to Listen to Stories Through Audio Visual Media in Class V SDN 39 Hulontalangi, Gorontalo City. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Wiwy T Pulukadang, S.Pd, M.Pd and Advisor II Dra, Evi Hasim, M.Pd
The problem in this research is whether through audio-visual media the listening ability of Grade V students of SDN 39 Hulontalangi Kota Gorontalo can be improved? This study aims to improve the listening ability of Grade V students of SDN 39 Hulontalangi Kota Gorontalo through audio-visual media.
Based on the results of this research, it can be seen in the cycle of students' listening ability which is 54% or 12 students from 26 students as a whole. After reflection and re-learning improvement in cycle II, the number of students' ability to listen to stories using audio-visual media increased to 85%. With the understanding that cycle I to cycle II achieve an increase of 31%. The conclusion of this study is an increase in the ability of students to listen to stories through audio visual media in class V SDN 39 Hulontalangi Kota Gorontalo.
Keywords: Ability, Listening, Audio Visual
Download berkas