Penulis / NIM
SUCI MULYATI ADUDU / 151416187
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Suci Mulyati Adudu. 2020, Meningkatkan Kemampuan Siswa Berpidato Melalui model Snowball Throwing di kelas IV SDN 3 TilongKabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Dra. Evi Hasim, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ¢"Apakah melalui model Snowbal Throwing kemampuan siswa berpidato pada siswa kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan ?¢ Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berpidato menggunakan model Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap siklus mempunyai tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan siklus I Pertemuan pertama dari 21 orang siswa, 4 orang siswa atau 14% yang mampu, kurang mampu 9 orang siswa atau 43%, dan tidak mampu 8 orang siswa atau 38%. Pada siklus I pertemuan kedua yang mampu 7 siswa atau 33%, kurang mampu 7 siswa atau 33%, dan tidak mampu 7 siswa atau 33%. Dan pada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama yang mampu 15 siswa atau 71%, kurang mampu 6 siswa atau 29%. Pada siklus II Pertemuan kedua yang mampu ada 17 orang siswa atau 81%, sedangkan yang tidak mampu 4 orang siswa atau 19%.
Disimpulkan bahwa melalui model Snowball Throwing kemampuan siswa berpidato pada siswa kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.
ABSTRACT
Suci Mulyati Adudu, 2020. The Problem In This stufy is that through the Snowball Throwing model can Improve the ability of students to make speeches through snowball throwing models and with data collection techniques, abservation tests and documentation.
Based on the results of classroom action research that is before conducting research, researchers conducted preliminary observations by interviewing the fourth grade teacher that found in the learning process, especially in the speech material looks students are still shy in speaking and do not dare to appear in front of the class. Cycle action 1 of students 4 students or 19% Able (M), 9 orang students or 43% Poor (KM), 8 students or 38% Unable (TM). Cycle II there are 21students 17 students or 81% Able (M) 4 students or 19% Poor (KM). based on the results of research conducted it can be concluded that through the snowball throwing can improve the ability of students to make speeches through the snowball throwing model can inprove the ability of students to make speeches grade IV SDN 3 Tilong Kabila district Bone Bolango
Download berkas