Penulis / NIM
MOHAMMAD TATAN H NUSI / 151416190
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Mohammad Tatan H. Nusi 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 1 Sub tema 2di Kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas NegriGorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin NovitaArifin, S.Pd,.M.Pd, dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd.,M.Pd
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA Tema 1 sub tema 2 di Kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran (SFAE) Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 1 sub tema 2 Kelas IV SDN 13 Kabila kabupaten Bone bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantaun evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKm berjumlah 9 orang dengan presentase 47%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakuan tindakan lanjutan kesiklus II. Padasiklus II menunjukan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 16 orang dengan presentase 84%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA Tema 1 sub tema 2 di Kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Student Facilitator And Explaining (SFAE), Pelajaran IPA
ABSTRACT
Mohammad Tatan H. Nusi. 2020. Improving studentsĢ learning outcomes through Student Facilitator and Explaining (SFAE) Learning Model in Topic 1, Subtopic 2 of Natural Science in the 4th grade of SDN 13 Kabila, Bone Bolango District. Skripsi. Department of Elementary Teacher Education. Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd, and the Co Supervisior is Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd
The problem statement is whether or not the use of SFAE learning model is able to improve studentsĢ learning outcomens. This research aims at improving studentsĢ learning outcomes through SFAE learning model. This reseach is a classroom action reseach with 19 students in the 4th grade as the research subjects. This research is conducted on a cycle basis, in which each of the cycle consists of 4 stages, namely, planning, implementing, evaluating, and reflection and analysis. At cycle 1, it reveals that 9 student (47%) are above the minimum completeness criteria. However, it has not reached the expected performance indikator, thus, cycle 2 is conducted. At cycle 2, it shows an increase at 16 students (84%) who reach above the minimum completeness criteria. Based on this result, it concludes that SFAE learning model is able to improve studentsĢ learning outcomes model in Topic I, Subtopic 2 of Natural Science in the 4th grade of SDN 13 Kabila, Bone Bolango District.
Keywords: Learning Outcome, Student Facilitator and Explaining (SFAE), Natural Science
Download berkas