Penulis / NIM
HARPINA RAHMAN / 151416191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Harpina Rahman. 2020 . Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 97 Sipatana, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah Ã���Ã..."Apakah Terdapat Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 97 Sipatana?Ã���Ã�ÂÂ. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 97 Sipatana, Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 23 orang.
Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 46,95 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,60. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 12,159 > 2,073 pada taraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berbicara.
Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berbicara
Abstract
Harpina Rahman. 2020 . The influence of scientific approach on speaking ability in Grade V students of SDN 97 Sipatana, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd,M.Pd.
The formulation of the problem in the study is "Is There an Influence of Scientific Approach to Speech Ability In Grade V Students of SDN 97 Sipatana?". The purpose of this study is to Know the Influence of Scientific Approach to Speech Ability in Grade V Students sdn 97 Sipatana, the model used in this study is a quantitative approach to experimental methods with the design of one group prettest-posttest desingn. This research uses data collection techniques through study results tests and documentation. The sample of this study was 23 grade V students.
The average pretest score was 46.95 and the posttest average was 84.60. The results of the study were reinforced by the results of the t test which stated that thitung > ttabel, which is 12.159 > 2.073 at a level of 0.05. In this case it can be concluded that the results of this study show that there is an Influence of Scientific Approach to Speech Ability.
Keywords: Scientific Approach, Speech Ability
Download berkas