SKRIPSI

Penulis / NIM
HARPINA RAHMAN / 151416191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Harpina Rahman. 2020 . Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 97 Sipatana, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd,M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Ã���Ã..."Apakah Terdapat Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 97 Sipatana?Ã���Ã�. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 97 Sipatana, Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 23 orang. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 46,95 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,60. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 12,159 > 2,073 pada taraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berbicara. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berbicara Abstract Harpina Rahman. 2020 . The influence of scientific approach on speaking ability in Grade V students of SDN 97 Sipatana, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd,M.Pd. The formulation of the problem in the study is "Is There an Influence of Scientific Approach to Speech Ability In Grade V Students of SDN 97 Sipatana?". The purpose of this study is to Know the Influence of Scientific Approach to Speech Ability in Grade V Students sdn 97 Sipatana, the model used in this study is a quantitative approach to experimental methods with the design of one group prettest-posttest desingn. This research uses data collection techniques through study results tests and documentation. The sample of this study was 23 grade V students. The average pretest score was 46.95 and the posttest average was 84.60. The results of the study were reinforced by the results of the t test which stated that thitung > ttabel, which is 12.159 > 2.073 at a level of 0.05. In this case it can be concluded that the results of this study show that there is an Influence of Scientific Approach to Speech Ability. Keywords: Scientific Approach, Speech Ability
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011