SKRIPSI

Penulis / NIM
LIAN PAKAYA / 151416192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Lian Pakaya, 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Sederhana melalui Teknik Permainan Tradisional pada Siswa kelas II SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M. Hum. Rumusan masalah, ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚..." Apakah melalui teknik permainan tradisional kemampuan menulis laporan sederhana pada siswa kelas II di SDN 97 Sipata Kota Gorontalo?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚. Tujuan penelitian ini, meningkatkan kemampuan siswa kelas II dalam menulis laporan sederhana melalui teknik permainan tradisional. Metode, penelitian tindakan kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes. ABSTRAK Lian Pakaya, 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Sederhana melalui Teknik Permainan Tradisional pada Siswa kelas II SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M. Hum. Rumusan masalah, ƒ..." Apakah melalui teknik permainan tradisional kemampuan menulis laporan sederhana pada siswa kelas II di SDN 97 Sipata Kota Gorontalo?ƒ‚. Tujuan penelitian ini, meningkatkan kemampuan siswa kelas II dalam menulis laporan sederhana melalui teknik permainan tradisional. Metode, penelitian tindakan kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 16 siswa kelas II SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo berdasarkan hasil observasi awal terdapat 3 orang siswa 19% yang mampu menulis laporan sederhana, sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 13 orang siswa 81%. Pada tindak siklus I tahap I terdapat 4 orang siswa 25% yang mampu dan belum mampu 12 orang siswa 75%. Siklus I tahap II terdapat 5 orang siswa 31% yang mampu dan yang belum mampu 11 orang siswa 69% pada tindak siklus II, siswa yang mampu berjumlah 13 orang siswa 81% sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 3 orang siswa 19%. Disimpulkan teknik permainan tradisional telah meningkatkan kemampuan menulis laporan sederhana di kelas II SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo. Kata Kunci: Laporan Sederhana, Permainan Tradisional ABSTRACT Lian Pakaya, 2020. Improving Writing Simple Report Skill through Traditional Game at Students of Grade II of SDN 97 Sipatana, Gorotalo City Skripsi. Departement of ElementaryTeacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd, and the co-supervisor is Dra. Dajani Suleman , M.Hum. Problem statement of this research was, ƒ..." Does traditionsl game technique improve writing simple report skill at students of grade II at SDN 97 Sipatana, Gorontalo city? ƒ..." The research objective was to improve skill of grade II students in writing a simple report through traditional game technique. The research applied classroom action research method in which its technique of data collection used observation, dovumentation, and test. The research finding showed that based on the initial observation, there were 3 students (19%) out of 16 students at grade II of SDN 97 Sipatana who were able to write a simple report while 13 students (81%) were not able yet to do so. a treatment in stage I of cycle I found 4 students (25%) who were able to write the simple report, and 12 students (75%) were not able yet. In addition, stage II cycle I found 5 students (31%) who were able to write the simple report. And 11 students (69%) were not able yet. The result in the treatment of cycle II found 13 students (81%) were not able yet. Therefore, in conclusion, the traditional game technique has improved writing simple report skill of students at grade II of SDN 97 Sipatana, Gorontalo City. Keywords: Simple Report,Traditional Game Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 16 siswa kelas II SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo berdasarkan hasil observasi awal terdapat 3 orang siswa 19% yang mampu menulis laporan sederhana, sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 13 orang siswa 81%. Pada tindak siklus I tahap I terdapat 4 orang siswa 25% yang mampu dan belum mampu 12 orang siswa 75%. Siklus I tahap II terdapat 5 orang siswa 31% yang mampu dan yang belum mampu 11 orang siswa 69% pada tindak siklus II, siswa yang mampu berjumlah 13 orang siswa 81% sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 3 orang siswa 19%. Disimpulkan teknik permainan tradisional telah meningkatkan kemampuan menulis laporan sederhana di kelas II SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo. Kata Kunci: Laporan Sederhana, Permainan Tradisional
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011