Penulis / NIM
ELVA DATALAMON / 151416193
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
ELVA DATALAMON 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Deskripsi Melalui Model Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN 3 Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S,Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah melalui model Role Playing kemampuan membaca teks deskripsi pada siswa kelas V SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan ?ƒƒ‚‚ƒ‚ Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca teks deskripsi menggunakan model Role Playing pada siswa kelas V SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap siklus mempunyai tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan siklus I Pertemuan pertama dari 28 orang siswa, 4 orang siswa atau 14% yang mampu, kurang mampu 19 orang siswa atau 68%, dan tidak mampu 5 orang siswa atau 18%. Pada siklus I pertemuan kedua yang mampu 8 siswa atau 28%, kurang mampu 16 siswa atau 58%, dan tidak mampu 4 siswa atau 14%. Dan pada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama yang mampu 15 siswa atau 54%, kurang mampu 13 siswa atau 46%. Pada siklus II Pertemuan kedua yang mampu ada 23 orang siswa atau 82%, sedangkan yang tidak mampu 5 orang siswa atau 18%.
Disimpulkan bahwa melalui model Role Playing kemampuan membaca teks deskripsi pada siswa kelas V SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Membaca, Model Role Playing
ABSTRACT
ELVA DATALAMON, 2020. Improving studentsƒƒ‚‚ƒ Reading Descriptive Text Ability through Role Playing Model at Class of V, SDN 3 Tilongkabila, Bone Bolango District, Skripsi. Department of Elementary Teacher Education, Faculty Of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd, and the co-supervisor is Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd.
The problem statement of this research is whether or not Role Playing Model improves studentsƒƒ‚‚ƒ reading descriptive text ability at Class of V, SDN 3 Tilongkabila, Bone Bolango District. It aims at improving studentsƒƒ‚‚ƒ reading descriptive text ability through Role Playing Model at Class of V, SDN 3 Tilongkabila, Bone Bolango District. It is a classroom action research consisting of 2 cycles in which each cycle consisted of 2 meetings. Each cycle comprises of stages of preparation, implementation, observation and evaluation, and analysis and reflection.
Findings reveal that in the first meeting of cycle I, only 4 students out of 28 or 14% are categorized able to read, 19 students or 68% are categorized less able, and 5 students or 18% are categorized disable. In the second meeting of cycle I, 8 students or 28% are categorized able, 16 students or 58% are categorized less able, and 4 students or 14% are categorized disable. In the first meeting of cycle II, 15 students or 54% are categorized able, and 13 students or 46% are categorized less able. In the second meeting of the cycle II, 23 students or 82% are categorized able, and 5 students or 18% are categorized disable.
It can be concluded that studentsƒƒ‚‚ƒ reading descriptive text ability at Class of V, SDN 3 Tilongkabila, Bone Bolango District is improved through the applications of Role Playing Model.
Keywords: Reading, Role Playing Model
Download berkas