Penulis / NIM
ROSITA ANGIO / 151416194
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
ROSITA ANGIO 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kuartet Pada Siswa Kelas II SDN 1 Tilango Kec. Tilango, Kab. Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S,Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah melalui Media Kartu Kuartet Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Kelas II SDN I Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dapat meningkat ?ƒƒ‚‚ƒ‚ Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN I Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap siklus mempunyai tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi.
Pada observasi awal dilakukan wawancara dengan guru mitra. Setelah dilakukan tindakan siklus 1 dari 22 orang siswa, yang meningkat menjadi 7 orang siswa atau 32% dan yang kurang mampu 15 orang siswa atau 68%.Sedangkan pada pelaksanaan siklus II yang meningkat menjadi 19 orang siswa atau 86% dan yang tidak mampu 3 orang siswa atau 14%.
Disimpulkan bahwa melalui media kartu kuartet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas II SDN I Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Kartu Kuartet
ABSTRACT
ROSITA ANGIO 2020. Improving Early Reading Skill by Using Quarter Card Media at Students of Grade II of SDN 1 Tilango, Gorontalo District. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education. Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Rustam I. Husain, S.Ag,M.Pd., and the co-supervisor is Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.,M.pd.
Problem statement of this research was, ¢"Does quartet card media improve the early reading skill of students at grade II of SDN 1 Tilango, Tilango Sub-district, GorontaloDistrict?¢ The research objective was to improve the early reading skill of students at grade II of SDN 1 Tilango, Tilango Sub-district, GorontaloDistrict.
The type of research was classroom action research, which comprised 2 cycles. Every cycle covered 2 times of meeting and containing the following stages, namely preparation, implementation of treatment, monitoring and evaluation, and analysis and reflection.
In the initial observation, the interview was conducted with a partner teacher. After treatment in cyle I, out of 22 students, early reading skill of 7 student or 32% improved while 15 students or 45% were less able to do the early reading. In addition, the implementation of cycle II found that 19 students or 86% were able to do early reading while 3 students or 14% were not able to do it.
Based on the research finding, it was concluded that quartet card media could improve the early reading skill of students at grade II of SDN 1 Tilango, GorontaloDistrict.
Keywords: Early Reading, Quartet Card
Download berkas