SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIYANI OLII / 151416203
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Olii, Indriyani. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Anak Melalui Pendekatan Kontekstual Pada siswa kelas V SDN I Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi . Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unviersitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ¢"Apakah melalui pendekatan Kontekstual Kemampuan Menulis Pantun Anak Kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?¢â„¢¢â„¢ Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pada observasi awal dari 25 siswa 6 siswa yang mampu menulis pantun atau 24% 14 siswa tidak mampu, Siklus I pertemuan I dari 25 siswa ada 12 siswa yang mampu atau 48% dan tidak mampu 13 atau 52%. Pelaksanaan siklus I pertemuan II dari 25 siswa yang mampu 19 siswa atau 76% dan tidak mampu 6 siswa atau 24%. Sedangkan pada siklus II dari 25 siswa yang mampu 23 siswa atau 92% dan tidak mampu 2 siswa atau 8%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa dengan melalui Pendekatan Kontekstual kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango meningkat. Olii, Indriyani. 2020. Improving Student¢â„¢s Pantun Writing Skill through Contextual Approach at Grade V of SDN 1 Bulango Selatan, Bone Bolango District. Skripsi. Departement Of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Sumarni Mohamad, S.Pd., M.Pd, and the Co Supervisor is Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd., M.Pd. The research problem is ¢"whether or not there is an improvement on student¢â„¢s Pantun Writing Skill through contextual approach at grade V of SDN 1 Bulango Selatan, Bone Bolango District. ¢" It aims to improve student¢â„¢s Pantun writing skill through contextual approach at grade V of SDN 1 Bulango Selatan, Bone Bolango District. The kind of research is classroom action research. In the initial observation, out of 25 students in total, there are 6 students or 24% who are capable of writing Pantun while 14 students who are not in cycle I meeting 1, 12 students or 48% who are capable while 13 students or 52% who are not. In cycle I meeting II, there are 19 students or 76% are capable while 7 students or 24% who are not. Moreover, in cycle II, there are 23 students or 92% who are capableof writing Pantun, while 2 students or 8% who are not. Based on the findings it is concluded that the contextual approach can improve student¢â„¢s Pantun writing skill at grade V of SDN 1 Bulango Selatan, Bone Bolango. Keyword: Student¢â„¢s Pantun Writing, Contekstual Approach
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011