Penulis / NIM
FATMAWATI IBRAHIM / 151416204
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
FATMAWATI IBRAHIM. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Provisi Gorotalo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si. dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si.,M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team quiz terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Ipa kelas IVdi SDN 1 Bulango Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team quiz terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran ipa kelas IV di SDN 1 Bulango Selatan. Jenis penelitian ini adalah pre-Experimental designs dengan rancangan One-Group pretest-postest design. Hasil penelitian dan pembehasan diperoleh nilai rata-rata posttest menggunakan model Kooperatif Tipe Team Quiz 66,75 Lebih tinggi dibandingkan pretest 48,50.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran ipa kelas IV di SDN 1 Bulango Selatan kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.
Kata kunci: Kooperatif TipeTeam Quiz, Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA
Download berkas