Penulis / NIM
I'IN H. LAHABU / 151416205
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Lahabu, Iin. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M. Pd.
Permasalahan dari penelitian ini adalah" Apakah dengan menggunakan media gambar seri kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi.
Dari pelaksanaan observasi awal di temukan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi siswa masih tergolong rendah. Hal ini sesuai dengan perolehan data yang menunjukan bahwa dari 18 siswa hanya 5 atau 27% siswa yang memiliki kemampuan menulis, sedangkan 13 siswa atau 73% siswa tidak mampu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dari 18 siswa meningkat 8 siswa atau 44% yang tidak mampu terdapat 10 siswa atau 56% dilanjutkan pada siklus I pertemuan II terdapat 13 siswa yang mampu atau 72% dan sisanya terdapat 5 siswa atau 27% yang tidak mampu. Pada siklus II pertemuan I dari 18 siswa meningkat 16 siswa atau 89% terdapat 2 siswa atau 11% yang tidak meningkat. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa meningkatkan kemampuan menulis karanga deskripsi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN 5 Biluhu Kabupaten Gorontalo Meningkat.
Kata kunci : Menulis Karangan Deskripsi, Media Gambar Seri
Download berkas