Penulis / NIM
MOHAMAD FADHRIAN R. PAU / 151416206
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
Mohamad Fadhrian R. Pau. 2021. Meningkatkan kemampuan berbicara melalui model pembelajaran artikulasi pada siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd, dan pembimbing II Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalahƒ..."Apakah dengan model pembelajaran artikulasi kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?ƒ‚ Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui model pembelajaran artikulasi pada siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan I mengalami peningkatan dari observasi awal dimana siswa yang sudah mampu berbicara berjumlah 13 siswa atau 52%yang tidak mampu berjumlah 12 siswa atau 48%. Pada pertemuan II meningkat menjadi 18 siswa atau 72% yang tidak mampu berjumlah 7 siswa atau 28%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 22 siswa atau 88% yang tidak mampu berjumlah 3 siswa atau 12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran artikulasikemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Berbicara, Model Artikulasi
Download berkas