Penulis / NIM
MURHIMA ABDULLAH / 151416222
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Murhima A. Abdullah. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV Di SDN 2 Togid Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar luas segitiga pada siswa kelas IV di SDN 2 Togid Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar luas segitiga pada siswa kelas IV di SDN 2 Togid Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pre-Experimental design ƒƒ‚‚ƒ..."One-Group Pretest-Posttestƒƒ‚‚ƒ‚. Penilitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Togid Kabupaten Bolaang Mongondow Timur sebanyak 15 siswa.
Hasil penelitian menunjukan adanya nilai rata-rata sebelum menggunakan model STAD yaitu 57 dan nilai rata-rata sudah menggunakan model STAD yaitu 72,3 Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,24 dan ttabel = 2,144 dengan (db) = n-1, dan taraf signifikan 0,05 karena thitung > ttabel maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar luas segitiga pada siswa kelas IV di SDN 2 Togid Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
Kata kunci : Model STAD, Hasil Belajar, Luas Segitiga
Murhima A. Abdullah. 2020. The Effect of STAD Learning Model on Learning Outcomes of the Area of ƒƒa Triangle in Class IV Students at SDN 2 Togid, Bolaang Mongondow Timur Regency. Essay. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Drs. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd and Supervisor II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
The formulation of the problem in the study was whether there was an effect of the STAD learning model on the learning outcomes of the triangle area in grade IV students at SDN 2 Togid, Bolaang Mongondow Timur Regency. The research objective was to determine and describe the effect of the STAD learning model on the learning outcomes of the triangle area in grade IV students at SDN 2 Togid, Bolaang Mongondow Timur Regency. The design used in the study was the Pre-Experimental design `` One-Group Pretest-Posttest ''. The research was conducted using a saturated sampling technique. The research subjects were 15 grade students of SDN 2 Togid, Bolaang Mongondow Timur Regency.
The results showed that the average value before using the STAD model was 57 and the average value already using the STAD model was 72.3. After testing the hypothesis, it was obtained tcount = 4.24 and ttable = 2.144 with (db) = n-1, and a significant level of 0.05 because tcount> ttable then the hypothesis Ho is rejected and Ha is accepted. Thus it is concluded that there is an effect of the STAD learning model on the learning outcomes of the area of ƒƒthe triangle in grade IV students at SDN 2 Togid, Bolaang Mongondow Timur Regency.
Keywords: STAD Model, Learning Outcomes, Area of ƒƒthe Triangle
Download berkas