Penulis / NIM
TAUFIK MOKOAGOW / 151417001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Taufik Mokoagow. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Learning Start With A Question Di Kelas IV SDN Lungkap Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Model Pembelajaran LSQ Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di Kelas IV SDN Lungkap? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui model LSQ di kelas IV SDN Lungkap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa.
Indikator keberhasilan penelitian ditandai dengan minimal 75% hasil belajar siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Learning Start With a Question (LSQ) di kelas IV SDN Lungkap dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Pada siklus I kemampuan berbicara siswa yang masuk dalam kategori mampu sebesar 43%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85%. yang artinya dari siklus I ke siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 42%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Lungkap Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara.
Kata Kunci: Learning Start With A Question (LSQ), Kemampuan Berbicara
Download berkas