Penulis / NIM
AFIFA SAPUTRI KAI / 151417002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Afifa Saputri Kai. 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Suku Kata Pada Siswa Kelas I SDN 1 Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat Sulawesi Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode suku kata kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SDN 1 Molinow akan meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode suku kata pada siswa kelas I SDN 1 Molinow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pada observasi awal dari 15 siswa terdapat 4 siswa atau 27% yang masuk kategori mampu membaca permulaan. Pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 6 siswa atau 40% yang masuk kategori mampu membaca permulaan setelah diterapkan metode suku kata. Selanjutnya, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 7 siswa atau 47% yang masuk kategori mampu membaca permulaan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan I, meningkat menjadi 12 siswa atau 80% yang masuk kategori mampu membaca permulaan. Selanjutnya, pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 13 siswa atau 87% yang masuk kategori mampu membaca permulaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode suku kata kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 1 Molinow meningkat.
Kata kunci : Membaca Permulaan, Metode Suku Kata
Download berkas