Penulis / NIM
TRI ANDI AKBAR / 151417003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Tri Andi Akbar. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Spinner Quis di Kelas III SDN 4 Telaga Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dr. RusminHusain, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah dengan menggunakan media Spineer Quis dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 4 Telaga Jaya?. Dengan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui media Spinner Quis di Kelas III SDN 4 Telaga Jaya. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi.
Pada observasi awal kempuaan siswa dalam menulis karangan deskripsi melalui media Spinner Quia hanya 2 siswa (20%) yang mampu sedangkan yang tidak mampu 8 siswa, setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi melalui media Spinner Quis menunjukan peningkatan menjadi 5 siswa (50%), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 9 siswa (90%). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media Spinner Quis, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas III SDN 4 Telaga Jaya"meningkat. Hal ini dikarenakan pada siklus II siswa sudah mampu dalam menemukan ide pokok, kalimat penjelas, ejaan (huruf besar, koma, dan titik), serta mampu mengaitkan antara objek gambar dengan karangan, sehingga berdampak baik pada peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa.
Kata kunci : menulis karangan,deskripsi, Spinner Quis
Download berkas