Penulis / NIM
MEYLAN EKA SUCI LAMUSU / 151417005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Meylan Eka Suci Lamusu. 2021. Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar (Studi Kasus Penerapan Materi Globalisasi Pada Mata Pelajaran IPS di Masa Pandemi Covid-19 di SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo). Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin S.Sos., M.A., PhD (ABD) dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd.
Pandemi Covid-19 muncul sebagai peristiwa yang menyebabkan banyak perubahan pada praktik pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual pada materi globalisasi di masa pandemi Covid-19 di Kelas VI SD. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedang kredibilitas data diperoleh lewat triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dan luring pada tema globalisasi selama masa pandemi tidak jauh berbeda dengan keadaan sebelumnya. Hasil serupa juga ditemukan pada kerangka materi yang belum berkembang sehingga keglobalitasan belum bersifat kontekstual.
Sebagai kesimpulan, guru perlu melakukan refleksi terhadap rancangan pembelajaran selama masa pandemi dengan melihat potensi informasi yang ada sehingga materi dapat dikembangan dan beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang sedang dialami siswa saat ini. Hal penting lainnya yaitu sekolah harus memberikan perhatian lebih pada tema-tema yang diajarkan seperti Globalisasi dikarenakan perkembangannya terjadi secara terus-menerus dan memperngaruhi kehidupan sehari-hari secara langsung.
Kata kunci: Pembelajaran kontekstual, Globalisasi, Pandemi.
Download berkas