Penulis / NIM
ZULPITA / 151417006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Zulpita. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan metode accelerated learning tipe master Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 8 Sub Tema 1 di Kelas V SDN Padang Raya kecamatan Bolano Lambunu, Kabupaten Parigi moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris Panai, M.Pd. Pembimbing II Gamar Abdullah S.Si. M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah melalui metode accelerated learning (AL) tipe master dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 pada siswa kelas V SDN Padang Raya dapat di tingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode accelerated learning tipe master Pada Tema 8 Sub Tema 1 di Kelas V SDN Padang Raya Kabupaten Parigi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan pertama yang menunjukkan bahwa terdapat 7 siswa yang tuntas dengan presentase 28%. Pada siklus I pertemuan kedua yang menunjukkan bahwa terdapat 9 siswa yang tuntas dengan presentase 36%. Pada siklus II pertemuan Pertama yang menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa yang tuntas dengan presentase 40%. Pada siklus II pertemuan kedua yang menunjukkan bahwa terdapat 20 siswa yang tuntas dengan presentase 80% hal ini menunjukkan bahwa pada pertemuan siklus II pertemuan kedua sudah mengalami peningkatan dengan kata lain sudah mencapai kriteria yang baik sehingga tidak dilanjutkan kembali ke siklus berikutnya.
Kata kunci: Metode Accelerated Learning (AL) Tipe Master, Hasil Belajar IPA
ABSTRACT
Zulpita. 2021. Improving Student Learning Outcomes by using the Master Type Accelerated Learning Method in Science Subject Content Theme 8 Sub Theme 1 in Class V SDN Padang Raya, Bolano Lambunu District, Parigi Moutong Regency, Central Sulawesi Province, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Prof. Dr. H. Abd. Haris Panai, M.Pd. Supervisor II Gamar Abdullah S.Si. M.Pd.
The formulation of the problem in this research is "Can the master type accelerated learning (AL) improve student learning outcomes on theme 8 sub-theme 1 for fifth grade students at SDN Padang Raya?". The purpose of this study was to improve student learning outcomes by using the master type accelerated learning method in Theme 8 Sub Theme 1 in Class V SDN Padang Raya Parigi Regency. The subjects of this study were 25 students of class V.
The results of this study indicate that in the first cycle of the first meeting, which showed that there were 7 students who finished with a percentage of 28%. In the first cycle of the second meeting, which showed that there were 9 students who finished with a percentage of 36%. In the second cycle, the first meeting showed that there were 10 students who completed with a percentage of 40%. In the second cycle of the second meeting, which showed that there were 20 students who completed with a percentage of 80%, this showed that at the second meeting of the second cycle, the meeting had increased, in other words, it had achieved good criteria so that it was not continued to the next cycle.
Keywords: Master Type Accelerated Learning (AL) Method, Science Learning Outcomes
Download berkas