Penulis / NIM
MITHA FIBRAINI HARUN / 151417007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Mitha Fibraini Harun. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Model Peer Tutoring Pada Siswa Kelas V SDN 3 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan melalui model pembelajaran Peer Tutoring dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 3 Limboto Barat ?. Tujuan penelitian ini ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui model Peer Tutoring pada siswa kelas V SDN 3 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 75% kemampuan siswa mencapai nilai kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Peer Tutoring di kelas V SDN 3 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Peer Tutoring. Pada siklus I meningkat menjadi 40%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93% yang artinya pada siklus II meningkat sebesar 53%.
Jadi, kemampuan berbicara melalui model peer tutoring pada siswa kelas V SDN 3 Limboto Barat kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Model Peer Tutoring, Kemampuan Berbicara
Download berkas