Penulis / NIM
DETA VILA PUSPITA HARUN / 151417008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Detavila Puspita Harun. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Pecahan melalui model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) pada siswa kelas V di SDN 2 Tapa. Pembimbing 1 Dra. Samsiar Rivai, S,Pd.,M.Pd. Pembimbing 2 Ismail Pioke, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah melalui model pembelajaran conceptual understanding prosedurs (CUPs) kemampuan penjumlahan pecahan pada siswa kelas V SDN 2 Tapa dapat meningkat?ƒƒ‚‚ƒ‚. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menjumlah pecahan melalui model pembelajaran conceptual understanding prosedurs (CUPs) pada siswa kelas V di SDN 2 Tapa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I dari 25 siswa yang dikenai Tindakan terdapat 16 siswa (64%) yang memperoleh nilai ƒƒ‚‚ƒ‚75 sehingga belum mencapai indikator yang ditetapkan yakni minimal 80%. Dengan demikian penelitian Tindakan dilanjutkan kes siklus II. Pada siklus II dari 25 siswa dikenai Tindakan terdapat 23 siswa (92%) yang memperoleh nilai ƒƒ‚‚ƒ‚75. Sehingga indikator penelitian sudah tercapai dan kegiatan penelitian dianggap tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) menjumlah pecahan siswa kelas V di SDN 2 Tapa meningkat.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs), Kemampuan Menjumlah pecahan.
Download berkas