SKRIPSI

Penulis / NIM
DETA VILA PUSPITA HARUN / 151417008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Detavila Puspita Harun. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Pecahan melalui model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) pada siswa kelas V di SDN 2 Tapa. Pembimbing 1 Dra. Samsiar Rivai, S,Pd.,M.Pd. Pembimbing 2 Ismail Pioke, S.Pd.,M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah melalui model pembelajaran conceptual understanding prosedurs (CUPs) kemampuan penjumlahan pecahan pada siswa kelas V SDN 2 Tapa dapat meningkat?ƒƒ‚‚ƒ‚. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menjumlah pecahan melalui model pembelajaran conceptual understanding prosedurs (CUPs) pada siswa kelas V di SDN 2 Tapa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I dari 25 siswa yang dikenai Tindakan terdapat 16 siswa (64%) yang memperoleh nilai ƒƒ‚‚ƒ‚75 sehingga belum mencapai indikator yang ditetapkan yakni minimal 80%. Dengan demikian penelitian Tindakan dilanjutkan kes siklus II. Pada siklus II dari 25 siswa dikenai Tindakan terdapat 23 siswa (92%) yang memperoleh nilai ƒƒ‚‚ƒ‚75. Sehingga indikator penelitian sudah tercapai dan kegiatan penelitian dianggap tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) menjumlah pecahan siswa kelas V di SDN 2 Tapa meningkat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs), Kemampuan Menjumlah pecahan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011