Penulis / NIM
MEYSI MANOPPO / 151417012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Meysi Manoppo,2021. Eksistensi Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 SDN 2 Tilango, Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Ratnarti Pahrun dan Pembimbing II Dr, Nurhayati Tine, S.PdI. MHI
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana fungsi perpustakaan? Bagaimana pemanfaatan perpustakaan itu dimasa Pandemi Covid-19? Apakah perpustakaan dapat menunjang pembelajaran secara daring? Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana fungsi perpustakaan, dan pemanfaatan perpustakaan di masa pandemi covid-19. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan di masa pandemi covid-19 SDN 2 Tilango.
Hasil penelitian menunjukan bahwa manfaat perpustakaan yaitu untuk menunjang proses pembelajaran.perpustakaan juga memberikan banyak manfaat terhadap siswa, salah satunya referensi siswa dapat diambi dari perpustakaan namun pemanfaatan perpustakaan dimasa pandemi covid-19 berdampak kurang baik terhadap perkembangan dan prestasi siswa, dan adanya proses Pembelajaran Daring membuat siswa kesulitan untuk memperoleh pembelajaran diperpustakaan, akan tetapi siswa mempunyai referensi yang diambi dari perpustakaan walaupun perpustakaan belum digunakan sepenuhnya SDN 2 Tilango, Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Eksistensi, Perpustakaan, Proses Pembelajaran.
Download berkas