Penulis / NIM
ULMI PRATIWI PUTRI BANGSA / 151417014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Ulmi Pratiwi Putri Bangsa. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana melalui Model Consept Sentence pada Siswa Kelas II di SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model consept sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II di SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui model consept sentence. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui model consept sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II di SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Hal ini dilihat dari data observasi awal dimana yang mampu hanya berjumlah 7 orang siswa atau 39% sedangkan yang belum mampu berjumlah 11 orang siswa atau 61%. Setelah diadakan tindakan penelitian melalui model consept sentence, peningkatan tersebut dapat dilihat dari siklus I pertemuan pertama pada kemampuan menulis kalimat sederhana meningkat menjadi 8 orang siswa atau 44% yang mampu, sedangkan 10 orang siswa atau 56% yang belum mampu. Kemudian dilanjutkan pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 10 orang siswa atau 56% dan yang belum mampu berjumlah 8 orang siswa atau 44%. Karena hasil kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa belum mencapai indicator yang diinginkan, maka perlu tindakan selanjutnya yaitu siklus II pertemuan pertama yang telah meningkat sebanyak 13 orang siswa atau 72% dan terdapat 5 orang siswa atau 28% yang belum mampu. Sedangkan untuk siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan sebanyak 15 orang siswa atau 83% dan yang belum mampu berjumlah 3 orang siswa atau 17%. Pada tindakan siklus II sudah mencapai indicator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian maka melalui model consept sentence sangat tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II di SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Kalimat Sederhana, Model Consept Sentence
Download berkas