Penulis / NIM
MOHAMAD DODI HASAN / 151417016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad, Dodi, Hasan. 2021 Desain Media Pembelajaran Monpera Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 13 Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si Dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, Bagaimana Desain Media Pembelajaran Monpera terhadap hasil belajar IPS di Kelas IV SDN 13 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan media terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 13 Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SDN 13 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, sampel yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 13 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Hasil Penelitian dan Pembahasan pada Validasi Media oleh Ahli Media diperoleh skor sebesar 94% dengan kriteria"Sangat Layak, Ahli Materi diperoleh skor sebesar 95% dengan kriteria"Sangat Layak, dan Ahli Bahasa diperoleh skor sebesar 87,14% dengan kriteria "Sangat Layak, dengan skor hasil akhir dari ketiga ahli yang telah divalidasi diperoleh skor sebesar 92,04% dengan kriteria"Sangat Layak sedangkan dalam penerapannya penggunaan media pembelajaran Monpera diperoleh nilai Pretest sebesar 67,33% sedangkan Posttest diperoleh sebesar 80,26%, sehingga dengan adanya penggunaan media pembelajaran Monpera tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS di Kelas IV SDN 13 Kabila, Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Desain Media Pembelajaran Monpera, Hasil Belajar, IPS.
Download berkas