Penulis / NIM
MINARSIH / 151417027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Minarsih. 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Anak dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing. I Dra. Ratnarti Pahrun M.Pd dan Pembingbing II Dr. Yusuf Jafar M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas V SDN 2 Tilango dapat ditingkatkan ?. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi anak pada siswa kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo melalui media pembelajaran Audio Visual. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 75% hasil kemampuan membaca puisi siswa mencapai nilai KKM. Jenis penelitian tindakan kelas.
Pada observasi awal menunjukan bahwa 18 siswa terdapat 4 siswa atau (22%) yang mampu membaca puisi. Setalah dilakukan tindakan siklus I pertemuan I meningkat menjadi 6 siswa (33%) yang mampu, dan yang tidak mampu ada 12 siswa (67%). Pada pelaksanaan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 15 siswa (83%) yang mampu dan yang tidak mampu 3 (17%) siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, pada pertemuan disetiap siklus, disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran Audio Visual kemampuan membaca puisi anak pada siswa kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo telah meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Puisi, Media Audio Visual
Download berkas