Penulis / NIM
SILVIA MOKOAGOW / 151417033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Mokoagow, Silvia. 2021. Pengaruh Model PembelajaranThink, Talk, Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV di SDN 1 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) berpengaruh pada Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Suwawa Timur?" Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV di SDN 1 Suwawa Timur. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data melalui tes, dokumentasi. Sampel penelitian siswa kelas IV SDN 1 Suwawa Timur yang berjumlah 18 siswa.
Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 47 dan nilai rata-rata posttest 81, nilai rata-rata analisis data uji normalitas pretest Lhitung 0.143 dan Ltabel 0.200 Lhitung< Ltabel berdistribusi normal. Sedangkan untuk nilai rata-rata uji normalitas posttest Lhitung = 0.182 dan Ltabel = 0.200 Lhitung< Ltabel berdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 12,43 sedangkan t tabel = 2,101. Selisih antara Thitung dan Ttabel adalah 10,32. Hal ini menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel maka berdistribusi normal. Disimpulkan H0 ditolak, H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV di SDN 1 Suwawa Timur.
Kata kunci : Think Talk Write (TTW), Menulis Puisi
Download berkas