Penulis / NIM
NURLIYANTI ABDULLATIF / 151417040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Nurliyanti Abdullatif. 2021 . Hubungan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar siswa kelas 5 SDN 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I,Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dra Samsiar Rivai, S.Pd M.Pd.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif deskriptif dengan pendekatan metode Ex Post Facto. Rumusan masalah yang di teliti adalah apakah terdapat Hubungan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 08 Paguyaman?. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 08 Paguyaman. Dengan hipotesis penelitian terdapat hubungan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 08 paguyaman.
Hasil penelitian menunjukkan t hitung = 0,0426 dan t tabel = 0,37 pada tingkat signifikan = 0,5 dan derajat kebebasan (db) = n " 1. Dengan demikian t hitung > t tabel . Ini berarti bahwa H0 di terima dan H1 di tolak. Di simpulkan bahwa terdapat Hubungan Antara Kemampuan Awal Matematika dengan Hasil Belajar Siswa kelas V SDN 08 Paguyaman.
Kata kunci: Kemampuan awal, Hasil belajar, Matematika
Download berkas