Penulis / NIM
WILANTI LASANGOLI / 151417042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Wilanti Lasangoli, 2022. Analisis Prestasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 3 Tapa. Skripsi, JurusanPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto S.Pd, M.Ed dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah prestasi belajar siswa selama masa pandemi Covid-19 di SDN 3 Tapa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah prestasi belajar siswa selama masa pandemi Covid-19 di SDN 3 Tapa. Desain penelitian ini adalah Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 3, 4 dan 5 di SDN 3 Tapa yang berjumlah 66 orang. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang dari setiap masing-masing kelas dengan jumlah keseluruhannya adalah 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada nilai semester 1 dan 2. Hal ini di lihat dari nilai minimum semester 1 yakni 77, sedangkan semester 2 yaitu 80. Kondisi pembelajaran yang di lakukan SDN 3 Tapa yakni dengan cara daring, di karenakan masa pandemi Covid-19. Sehingganya prestasi belajar siswa hanya merupakan prestasi terkait pada bidang akademik. Faktor internal terkait kesehatan tubuh selama pandemi Covid-19, dan semangat belajar merupakan pendukung yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun faktor eksternal yakni dukungan orang tua serta media pembelajaran yang menarik selama pembelajaran daring dilaksnakan menunjukan bahwa adanya pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SDN 3 Tapa Bone Bolango selama masa pandemi Covid-19.
Kata kunci : Pandemi Covid-19, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas