Penulis / NIM
MOHAMAD ZUHAL ADJI / 151417046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Zuhal Adji. 2021. Peran Guru Menggunakan Media Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Di SD Se-Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M,Si Pembimbing II Dra Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian Bagaimana Peran Guru menggunakan media interaktif pada pembelajaran matematika di SD Se-Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru menggunakan media interaktif pada pembelajaran matematika di SD Se-Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Desain penelitian adalah Kuantitatif explanatori. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Wawancara dan Lembar Kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dilaksanakan sesuai kadar cara belajar siswa aktif dan PAKEM yang memadai baik secara daring maupun luring yang memungkinkan siswa dapat menguasai fakta atau memahami konsep, melatih keterampilan serta prinsip-prinsip yang terkandung dalam materi ajar matematika yang ditunjukkan oleh capaian indikator 84% dengan kategori sangat baik. maka disimpulkan bahwa peserta didik semakin mudah untuk mempelajari materi matematika dengan adanya media interaktif sehingganya guru memaksimalkan perannya yang dilihat dari: Guru sebagai Demontsrator, Guru sebagai Pengelola Kelas, Guru sebagai Fasilitator, Guru sebagai Evaluator.
Kata kunci: Peran Guru, Media Interaktif
Download berkas