SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMA SUNAI / 151417047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
Fatma Sunai, Kesulitan Belajar Siswa Di Tinjau Dari Faktor Internal Dan Eksternal Siswa Di SDN 2 Biluhu Kabupaten Gorontalo, Skripsi Program Studi SI Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Muhammad Sarlin, S.Pd, M,Pd Dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana proses pelaksanakan yang dilaksanakan di SDN 2 biluhu kabupaten gorontalo, apa saja kesulitan belajar belajar siswa di tinjau dari faktor internal dan eksternal siswa di SDN 2 biluhu kabupaten gorontalo dan solusi yang ditawarkan sekolah, orang tua, masyaakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di tinjau dari faktor internal dan eksternal siswa di SDN 2 biluhu kabupaten gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di SDN 2 biluhu kabupaten gorontalo adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang terdiri dari belum tau membaca dan menulis,bolos masuk sekolah,tidak fokus pada pembelajaran, minat belajar yang kurang,sedangkan faktor eksternal yang terdiri dari lingkungan keluarga,sekolah, masyarakat. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan kerja sama dari pihak sekolah untuk menjalin komunikasi dengan baik bersama orang tua siswa harapannya agar segalah faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dapat teratasi dengan baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni kesulitan belajar siswa mulai dari faktor internal dan eksternal berupa kesulitan dalam pemahami pembelajaran, bolos, tidak fokus belajar dan minat belajar yang kurang, lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya dan masyarakat serta dibutuhkan kerja sama dari pihak sekolah untuk menjalin komunikasi dengan baik bersama orang tua siswa harapannya agar segalah faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dapat teratasi dengan baik disertai dengan solusi yang ditawarkan oleh pihak dapat dipertimbangkan dengan baik demi kepentingan bersama. Kata Kunci : Eksternal, Internal, Kesulitan Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011