Penulis / NIM
OPITA IDA MANINGTYAS / 151417049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Maningtyas, Ida, Opita. 2021. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Model Inquiri Jurisprudensial Pada Muatan Pembelajaran PKn Di Kelas IV SDN 08 Popayato Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini "Apakah melalui Model Pembelajaran Inquiri Jurisprudensial Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 08 Popayato Timur akan meningkat". Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa melalui model Inquiri Jurisprudensial dapat meningkatkan Minat Belajar Siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 08 Popayato Timur.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang terdiri atas dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada peneltian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 08 Popayato Timur sebanyak 17 siswa.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model Inquiri Jurisprudensial pada muatan pembelajaran PKn dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 08 Popayato Timur, dibuktikan presentase minat belajar siswa pada siklus I sebesar 74,66% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 87,12%.
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Model Pembelajaran Inquiri Jurisprudensial.
Download berkas