Penulis / NIM
DEWI SARTIKA DAMA / 151417050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Dama, Dewi Sartika. 2021. Pengaruh Model Integratif Terhadap Kemampuan
Menganalisis Teks Soal Muatan Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 7 Biluhu. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai.,M.Pd dan Pembimbing
II Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh penggunaan
model integratif terhadap kemampuan menganalisis teks soal muatan pelajaran IPA
di Kelas V SDN 7 Biluhu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model integratif terhadap kemampuan menganalisis teks soal muatan pelajaran IPA di
kelas V SDN 7 Biluhu. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan Desain pre
Eksperimental, One Group Pretespostes Design. Populasi dalam penelitian adalah
seluruh siswa di SDN 7 Biluhu, sampel yaitu 14 siswa kelas V. Teknik pengumpulan
data menggunakan lembaran tes prestes posttest. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji t dengan analisis menggunakan program statistic SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil rata-rata skor pre test-post test mengalami
peningkatan yaitu dari 45,64 menjadi 53,57. Hal tersebut menunjukan pengaruh
penggunaan model pembelajaran integrative bertanda positif dan signifikan terhadap
kemampuan menganalisis teks soal muatan pelajaran IPA materi perubahan kalor di
kelas V SDN 07 Biluhu. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai probabilitas
0,0000< nilai ���± 0,05, sehingga Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh model
integratif terhadap kemampuan menganalisis teks soal muatan pelajaran IPA materi
perubahan kalor kelas V di SDN 7 Biluhu.
Kata Kunci: Model integratif, Kemampuan Menganalisis, Pembelajaran IPA.
Download berkas