Penulis / NIM
KETRI INDRIANI / 151417051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Ketri, Indriani. 2021. Meningkatkan Pemahaman Nasionalisme Siswa Melalui Media Audio Visual Pada Muatan Mata Pembelajaran PKn Di Kelas V SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rustam I Husain, S.Ag, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media Audio Visual dapat meningkatkan Pemahaman Nasionalisme Siswa Pada Muatan mata Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nasionalisme siswa melalui media Audio Visual pada muatan mata pembelajaran PKn di kelas V SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang terdiri atas dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada peneltian ini adalah dengan menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo sebanyak 14 siswa.
Pada observasi awal, dari 14 orang siswa terdapat 5 orang siswa atau sebesar 36% yang dinyatakan mampu sedangkan 9 orang siswa atau sebesar 64% yang dinyatakan belum mampu untuk memahami nasionalisme muatan atapelajaran PKn. Pada siklus I pertemuan pertama setelah menggunakan media Audio Visual belum mengalami peningkatan 4 orang siswa yang di katakana mampu atau sebesar 29% sedangkan 10 orang siswa atau sebesar 71% yang dinyatakan belum mampu. Pada siklus I pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 7 orang siswa atau sebesar 50% yang dinyatakan mampu sedangkan 7 orang siswa atau sebesar 50% yang dinyatakan belum mampu. Pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan lagi menjadi 12 orang siswa atau sebesar 86% yang dinyatakan mampu sedangkan 2 orang siswa atau sebesar 14% orang siswa yang dinyatakan belum mampu. Pada siklus II pertemuan kedua 13 orang siswa yang dinyatakan mampu atau sebesar 93% sedangkan 1 orang siswa atau sebesar 7% dinyatakan belum mampu dari 14 jumblah siswa.
Disimpulkan bahwa media Audio Visual dapat meningkatkan pemahaman nasionalisme siswa muatan mata pelajaran PKn di kelas V SDN 3 Kota Barat ota Gorontalo.
Kata Kunci: Pemahaman Nasionalsme, Pembelajaran PKn, Media Audio Visual.
Download berkas