Penulis / NIM
DELAWATI E. AHMAD / 151417052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Delawati Ahmad. 2022. Penerapan Metode Inquiry Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas V SDN 3 Batudaa Pantai. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, Sos., M.A, dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 3 Batudaa Pantai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru kelas V di SDN 3 Batudaa Pantai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian guru kelas V SDN 3 Batudaa Pantai.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inquiry di SDN 3 Batudaa Pantai dalam pelaksanaannya guru kelas V masih mengalami masalah (1) Masalah yang dihadapi guru kelas V yaitu pertama kemampuan guru dalam memilih metode pembelajaran (Khususnya pelajaran IPS) kedua hasil belajar siswa masih rendah, (Dari 22 jumlah siswa 10 orang siswa yang aktif mengikuti pembelajaran IPS) ketiga metode inquiry belum dilaksanakan. (2) Upaya guru kelas V untuk mengatasi masalah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di SDN 3 Batudaa Pantai. Pertama guru membekali siswa dengan buku tema. kedua guru menyampaikan kepada orang tua siswa untuk memotivasi siswa agar lebih rajin belajar dan meminta orang tua untuk memperhatikan anak selama berada di rumah. ketiga guru melihat situasi dan kondisi.
Kata Kunci: Pembelajaran, IPS, Metode Inquiry
Download berkas