Penulis / NIM
ANITA A. PAKAYA / 151417053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Anita A. Pakaya. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 3 Tapa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto S.Pd, M.Ed dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 3 Tapa, (2) bagaimanakah prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 3 Tapa, dan (3) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 3 Tapa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 3 Tapa, (2) prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 3 Tapa, dan (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 3 Tapa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex post facto. Dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa SDN 3 Tapa memiliki rata-rata sebesar 81,00% dengan kriteria tinggi. Prestasi belajar siswa SDN 3 Tapa memiliki rata-rata sebesar 83,64. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 3 Tapa dapat dilihat dari nilai korelasi motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa yaitu 0,55 dengan nilai koefisien determinasi 0,277 (27,7%) yang menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19, Prestasi Belajar
Download berkas