Penulis / NIM
OKTAVIA B. ABDULLAH / 151417054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Oktavia B Abdullaah. 2021. Meningkatkan Kemampuan siswa menulis puisi melalui model Picture And Picture di kelas IV SDN 7 Biluhu, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas ilmu pendidikan, universitas negeri gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim M.Pd dan pembimbing II Dr. Rusmin Husain M.Pd
Masalah dalam penelitian ini Apakah melalui model Picture And Picture kemampuan siswa kelas IV SDN 7 Biluhu dalam menulis puisi dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 7 Biluhu dalam menulis puisi melalui model Picture And Picture. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yakni siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pada siklus I pertemuan I meningkat dengan katerogi (kurang) menjadi 9 siswa atau 45% dan ada 11 siswa atau 55% tidak mampu. Kemudian pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan dengan katerogi (mampu) menjadi 13 siswa atau 65% dan 7 siswa atau 35% tidak mampu. Kemudian pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan kembali dengan katerogi (sangat mampu) mencapai 17 siswa atau 85%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa peneliti ini telah memenuhi indikator kinerja yang diharapkan. Dalam kemampuan menulis puisi ini masih terdapat 3 orang siswa atau 15% yang (tidak mampu) kemampuan menulisnya masih rendah dengan demikian menulis puisi dapat ditingkatkan melalui model Picture and Picture.
Kata kunci: puisi, model picture and picture
Download berkas