Penulis / NIM
SINTIA USMAN / 151417056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK
Sintia Usman. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 Melalui Model PAKEM Di Kelas IV SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto S.Pd., M.Ed.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "apakah Model PAKEM dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di Kelas IV SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara?" Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 Melalui Model PAKEM Di Kelas IV SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi.
Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas IV pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 masih dibawah indikator kinerja 75%. Hasil Siklus I pada muatan Bahasa Indonesia dengan ketuntasan 82%, pada muatan IPA dengan ketuntasan 59%, pada muatan SBdP dengan ketuntasan 100%. Pada Siklus II hasil belajar mengalami peningkatan yaitu pada muatan Bahasa Indonesia ketuntasan menjadi 100%, pada muatan IPA ketuntasan menjadi 100%, pada muatan SBdP ketuntasan tetap 100%. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa Model PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas IV SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Model PAKEM, Hasil Belajar, Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1
Download berkas