Penulis / NIM
SINDRI HUSAIN / 151417063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK
Sindri Husain, 2021. Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Tilongkabila. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, Pembimbing II Basri Amin, S.Sos., M.A., Phd (ABD).
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini Adakah Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Tilongkabila?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap pembentukkan karakter siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. Tehnik pengumpulan data melalui observasi,angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji statistik nilai t hitung untuk variabel lingkungan sosial adalah 42,395 dan nilai t tabel yaitu 2.01290 yang artinya nilai t hitung 42,395 > nilai t tabel 2.01290. Makas hipotesis dapat disimpulkan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak, atau lingkungan sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter peserta didik kelas IV SDN 3 Tilongkabila. Instrumen yang digunakan berisi pernyataan-pernyataan yang disusun melalui kuesioner mendapatkan tanggapan yang baik dari siswa. Lingkungan sosial memiliki pengaruh konstribusi sebesar 97,5% terhadap variabel karakter peserta didik, sedangkan 2,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.
Kata Kunci : Lingkungan Sosial, Karakter
Download berkas