Penulis / NIM
DIAZ AZTISYA NALOLE / 151417066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Diaz Aztisya Nalole. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Pembelajaran Berpasangan Pada Siswa Kelas IV di SDN 89 Sipatana, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, S.Pd.,M.Hum. Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah kemampuan berbicara melaliui Teknik berpasangan pada siswa kelas IV di SDN 89 Sipatana dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui teknik berpasangan pada siswa kelas IV di SDN 89 Sipatana. model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 15 orang. Dari hasil observasi awal menunjukan dari 15 siswa di kelas IV yang mampu berbicara hanya 5 siswa (33%) dan yang tidak mampu yaitu 10 siswa (67%). Setelah dilakukan siklus I pertemuan pertama menunjukan 3 siswa kategori mampu dengan presentase 20% dan yang tidak mampu ada 12 siswa dengan presentase 80%. Selanjutnya siklus pada siklus I pertemuan kedua menunjukan 5 siswa kategori mampu dengan presentase 33% dan yang tidak mampu ada 10 siswa dengan presentase 67%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama ada 11 siswa kategori mampu dengan presentase 73% dan yang tidak mampu ada 4 siswa dengan presentase 27%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan kedua menunjukan peningkatan 13 siswa kategori mampu dengan presentase 87% dan yang tidak mampu ada 2 siswa dengan presentase 13%.
Kata kunci: Berbicara, Teknik Berpasangan
Download berkas