SKRIPSI

Penulis / NIM
ALFANGKI DWIPUTRA KASIM / 151417069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK Alfangki Dwiputra Kasim. 2022. Meningkatkan meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui metode critical incident siswa kelas V SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo.Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Evi Hasim, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Yusuf Djafar, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui metode Critical Incident kemampuan siswa kelas V SDN 94 kota utara dalam menulis karangan dapat ditingkatkan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui metode critical incident siswa kelas V SDN 94 Kota Utara Kota, subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 94 Kota Utara Kota Gorontalo yang terdiri dari 23, siswa laki-laki sebanyak 13 siswa sedangkan siswa perempuan terdiri dari 10 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan setelah diadakan tindakan melalui penggunaan metode critical incident. Hasil Observasi awal menunjukkan bahwa terdapat 5 siswa (20%) yang memiliki rata-rata tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks dengan baik baik. Adapun indicator penilaian yang digunakan oleh peneliti yaitu, Kesesuaian isi Tulisan dengan Bacaan cerita dengan pengalaman pribadi. (2) Keruntutan isi cerita (3) Ketepatan Pemilihan Kosa kata yang sesuai dan ejaan. Pada pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 13 siswa (56.52%). Selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu menjadi 85% ke atas yang ada di SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo telah mampu menulis teks cerita dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Critical Incident. Kata Kunci : Menulis Karangan, Metode Critical Incident
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011