Penulis / NIM
YULIANA STENLIA DEWI ASTUTI / 151417072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Yuliana S Dewi Astutu 2012 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di SDN 2 Tapa, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra, Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. pembimbing II Dr. Yusuf Djafar , M.Pd
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah "Apakah Model Pembelajaran Picture And Picture Bisa Mempengaruhi Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Kelas V SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran picture and picture bisa mempengaruhi kemampuan siswa menulis karangan narasi kelas V SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data melalui Tes, Dokumentasi, dan Observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang.
Hasil perolehan nilai rata-rata pretes sebesar 48,64 dan nilai rata-rata posttes sebesar 81 nilai rata-rata analisis data uji normalitas pretest sebesar 49,8 dengan L hitung 0,125 dan L tabel 0,173. L hitung < L tabel berdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh Thitung= 5,200 sedangkan Ttabel= 2,059. Selisih antara Thitung dan Ttabel adalah 3,141. Hal ini menunjukan Thitung lebih besar dari Ttabel maka berdistribusi normal. Disimpulkan H0 ditolak, H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap menulis karangan narasi di kelas V SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Picture and Picture, Menulis Karangan Narasi
Download berkas