Penulis / NIM
CAHYUNINGSI ILONU / 151417076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Cahyuningsi, Ilonu. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui media Flashcard Pada Siswa Kelas II Di SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd, Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini"Apakah melalui media flashcard kemampuan menulis permulaan siswa kelas II di SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas II di SDN 2 Tapa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Peneliti ini menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 14 siswa kelas II SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Kemampuan menulis permulaan siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai kriteria sebesar 64% dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan menulis permulaan siswa pada siklus II, yang sudah mencapai kriteria sebesar 86% dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Menulis Permulaan, Media Flashcard.
Download berkas