Penulis / NIM
FAZILAH AYUN ABDULLA / 151417079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
"Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar Studi Kasus SD Laboratorium UNG. Pembimbing 1 Dr. Candra Cuga, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing 2 Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana literasi budaya dan kewargaan di SD Laboratorium UNG berbasis sekolah?; 2) bagaimana literasi budaya dan kewargaan berbasis kelas dalam pembelajaran tematik?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi budaya dan kewargaan di SD Laboratorium UNG. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penellitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Prosedur penelitian dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Budaya dan Kewargaan di SD Laboratorium UNG berbasis sekolah dan kelas berjalan efektif. Pertama, literasi budaya berbasis sekolah dalam penerapannya berupa program Gerakan literasi berbasis brand sekolah yaitu bilingual, religius dan ICT (BRI) yang memadukan antara Bahasa inggris, arab dan Bahasa Gorontalo sebagai program sekolah agar siswa dapat menguasai beberapa Bahasa. Kedua, literasi budaya dan kewargaan berbasis kelas dilakukan melalui penerapan pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik, dilihat dari aspek perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus pembelajaran yang dikaitkan dengan nilai-nilai literasi dan kewargaan dan terdapat pula PPK (penguatan pendidikan karakter) yang tercantum dalam perangkat pembelajaran. Guru dalam proses pembeajaran menggunakan metode yang disesuaikan dengan materi pembelajaran berbasis literasi dan budaya. Hal ini dilakukan untuk memupuh rasa kepedulian terhadap literasi budaya dan memupuh jiwa nasionalisme dalam diri siswa sejak dini
Kata Kunci: Literasi budaya dan kewargaan, Efektif.
Download berkas