Penulis / NIM
WILIYANTI SULI / 151417081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Wiliyanti Suli, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan Pre Eksperimental One Group Pretest " Posttest.
Hasil penelitian menunjukan nilai t_hitung = 8,87 dan t_tabel = 2,100 pada taraf signifikan a =0,05 dan db (n-1) 19 - 1 = 18. Karena t_(hitung ) > t_tabel maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Examples Non Examples, Hasil Belajar, Pecahan Sederhana.
Download berkas