Penulis / NIM
NADIA S. TANTU / 151417082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Nadia S. Tantu. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Pembimbing I Dra Martianty Nalole, M.Pd, pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Jurusan pendidkan guru sekolah dasar, Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah penelitian ini apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian one group prettest-posttest desingn. Peneltian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 24 orang.
Hasil peneltian menunjukan bahwa pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika, Hasil ini dapat ditinjau dari nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 51,5 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest menjadi 80 Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t posttest pada taraf a = 0,05 didapat t hitung 17,158 dengan t tabel adalah 1,713 atau (thitung 17,158 ≠ttabel 1,713) Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pengukuran Sudut pada kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Hasil Belajar, Numberd Heads Together (NHT)
Download berkas