Penulis / NIM
ZEIN RAHMATIKA MOHAMAD / 151417084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Zein Rahmatika Mohamad. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 2 Tapa.Pembimbing 1 Dr. Rusmin Husain, M.Pd.Pembimbing 2Dra. RatnartiPahrun,M.Pd.
Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu..."Apakah penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada siswa kelas II SDN 2 Tapa?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan media cerita bergambar pada siswa kelas II SDN 2 Tapa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca nyaring siswa pada saat observasi awal mencapai 41,17% dengan kategori kurang baik dan kemampuan membaca nyaring siswa pada siklus I sebesar 64,70% dengan kategori cukup baik, sedangkan kemampuan membaca nyaring siswa pada siklus II meningkat sebesar 94,11% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa di kelas II di SDN 2 Tapa. Ketercapaian pemberian tindakan yang penelitilakukanberhenti pada siklus II karena sudah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80%.
Kata Kunci: Cerita Bergambar, Membaca Nyaring.
Download berkas