SKRIPSI

Penulis / NIM
HESTRIWITA H. UMAR / 151417085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Hestriwita H. Umar. 2021. Pengembangan Media Lingkaran Warna untuk Pembelajaran FPB dan KPK pada Kelas IV Sekolah Dasar Se-Kota Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si dan Pembimbing II Drs. Ismail Pioke, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana kondisi awal media pembelajaran pada materi FPB dan KPK di SD Se-Kota Utara? (2) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Lingkaran Warna pada mata pelajaran Matematika Materi FPB dan KPK Kelas IV di SD Se-Kota Utara? (3) Apakah media Lingkaran Warna FPB dan KPK layak digunakan di Kelas IV Sekolah Dasar? Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kondisi awal media pembelajaran pada materi FPB dan KPK Kelas IV di SD Se-Kota Utara (2) Mengembangkan produk berupa Media Lingkaran Warna pada mata pelajaran Matematika Materi FPB dan KPK Kelas IV di SD Se-Kota Utara (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Lingkaran Warna FPB dan KPK untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian R&D (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu sekolah yang berada di Kota Gorontalo yaitu SDN 94 Kota Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan temuan kondisi awal media pembelajaran matematika pada materi FPB dan KPK Kelas IV di SDN 94 Kota Utara, pembelajaran matematika di kelas IV sebelum pandemi covid 19, lebih sering menggunakan media yang ada di sekitar, sedangkan pada masa pandemi sekarang ini hanya menggunakan media berupa video pembelajaran, yang menurut wali kelas IV hal tersebut kurang efektif bagi siswa. Hasil Penelitian ini hanya sampai pada tahap kelima yaitu revisi desain. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, produk memperoleh presentase kelayakan sebesar 97,22%, dan ahli media memperoleh skor sebesar 93,75%. Hasil rekapitulasi skor validasi dari 2 validator memperoleh skor keseluruhan 95,48%. Berdasarkan hasil akhir validasi yang dilakukan pada penelitian tersebut, disimpulkan bahwa Media pembelajaran Lingkaran Warna pada materi FPB dan KPK di Kelas IV Sekolah Dasar Se-Kota Utara yang dikembangkan sangat layak serta dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya. Kata kunci : Media Pembelajaran, Lingkaran Warna, FPB dan KPK
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011