Penulis / NIM
NINDI OVRATIYA MOUKO / 151417086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Nindi Ovratiya Mouko. 2022. Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Tema 8 Materi Siklus air Menggunakan Model Pemebelajaran Reciprocal di kelas 5 SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed, dan Pembiming II Dr. Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd
Rumusan masalah Apakah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA tema 8 materi siklus air dapat di tingkatkan melalui model pembelajaran Reciprocal?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tema 8 materi siklus air di kelas 5 SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang mampu dalam pembelajaran IPA Tema 8 Materi Siklus air sebanyak 11 siswa atau 55% dan yang belum mampu sebanyak 9 siswa atau 45% hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus ke II , pada siklus ke II yang mampu dalam dalam pembelajaran IPA Tema 8 Materi Siklus air sebanyak 17 siswa atau 85% dan yang belum mampu sebanyak 3 siswa atau 15% kemudian siswa yang belum mampu tersebut akan diberikan bimbingan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Reciprocal kemampuan siswa kelas 5 dalam pembelajaran IPA Materi Siklus air di SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belaajar Materi Siklus Air, Model Pembelajaran Reciprocal
Download berkas